Peluang Bisnis Kuliner Rumahan dengan Omset Tinggi

Spread the love

Bosan selalu bekerja di kantor? Atau Anda ingin membuka usaha tapi tak cukup modal? Tenang saja di artikel kali ini akan membahas tuntas terkait peluang bisnis rumahan dengan omset di atas gaji pegawai kantoran. Bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari pekerjaan atau ingin mencoba usaha namun belum tahu usaha apa yang bakalan digelutinya, bisnis kuliner rumahan bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Peluang bisnis kuliner rumahan saat ini tidak boleh direndahkan lagi keberadaannya, pasalnya sudah banyak yang mencoba untuk memulai bisnis tersebut dan sangat menguntungkan.

Mengingat perkembangan aman yang semakin canggih, manusia sibuk dengan pekerjaannya dan lebih memilih untuk membeli makan diluar. Jadi jangan heran, meskipun terlihat bisnis kecil namun untung yang di dapatkan sungguh luar biasa.

5 Bisnis Kuliner Rumahan yang Harus Anda Coba

Dalam usaha kuliner rumahan tidak asal begitu saja menjual dagangan, namun harus memperhatikan kebutuhan konsumen sekaligus banyaknya permintaan barang. Berikut akan dipaparkan secara rinci jenis kuliner rumahan yang bisa Anda coba dari sekarang.

  • Usaha Bubur Ayam

Mungkin untuk jenis usaha yang satu ini tidak asing lagi bagi Anda, apalagi masyarakat Indonesia. Hampir di sudut tempat stasiun, terminal, pasar, sekolah, kota, pinggir jalan selalu tersedia bubur ayam yang siap menemani pagi hari Anda. Rasanya yang enak, gurih, ditambah irisan daging ayam, bawang merah, kerupuk, kedelai, dan kuah santan menambah cita rasa di setiap mangkok bubur ayam.

 

Tua, muda, anak-anak sangat menyukai jenis kuliner rumahan yang satu ini, biasanya para penjual bubur ayam menggunakan gerobak keliling, sepeda motor, namun ada juga yang membuka usahanya di rumah. Untuk satu mangkok bubur ayam dijual dengan harga Rp. 10.000.  Jadi Anda tim diaduk sebelum makan atau langsung disantap tanpa perlu diaduk?

  • Nasi Kuning dan Nasi Uduk

Selain bubur ayam ada juga menu sarapan yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba, nasi uduk dan nasi kuning menjadi makanan khas di Indonesia. Letak perbedaan dari keduanya pada bumbu saat nasi diolah, jika nasi kuning memakai kunyit, garam, lengkuas. Berbeda dengan nasi uduk hanya menggunakan daun salam, garam, dan lengkuas. Dari perbedaan tersebut terciptalah penikmatnya sendiri, ada yang lebih suka nasi kuning ada juga yang memilih nasi uduk.

Nasi uduk atau nasi kuning dilengkapi dengan kering tempe, mie, telor, bihun, kerupuk, lalapan, serta sambal yang makin menambah kenikmatan nasi uduk atau nasi kuning. Modal yang diperlukan untuk usaha ini tidaklah terlalu banyak, selain itu bahan-bahan juga mudah di dapatkan. Harga satu porsinya dijual Rp.8000, murah meriah bukan? Jadi Anda tidak perlu membuang uang banyak, dompet tidak menipis perut pun kenyang.

  • Goreng-Gorengan

Untuk kuliner yang ini tidak perlu diragukan lagi keuntungannya, sekarang banyak pedagang yang mendapatkan omset fantastis hanya mengandalkan jualan gorengan. Apalagi hidup di Indonesia, dimana kebanyakan masyarakatnya sangat menyukai gorengan, makan baso pakai pangsit, pengin camilan beli mendoan, bakwan, tahu isi, cireng. Ibarat kata hidup tanpa gorengan, bagaikan taman tak berbunga. Jadi Anda tidak perlu khawatir ataupun resah tidak mendapatkan laba banyak, justru jualan gorengan yang sangat menjanjikan.

Gorengan disini bisa pisang goreng, tahu aci, bakwan, lumpia, cireng, ubi goreng, singkong goreng, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, sekarang sudah banyak penjual goreng menambah menu teman untuk si gorengannya, biasanya lontong, ketupat, sambal kecap dan cabe rawit. Untuk harga biasanya dijual Rp.1000/buah.

  • Kue Basah

Rasanya kurang lengkap jika hanya membahas gorengan, bubur ayam, nasi uduk, dan nasi kuning. Apakah Anda pencinta kue basah? Nah ini bisa menjadi awal usaha Anda dan mengantarkannya pada kesuksesan. Anda bisa menjual kue basah seperti onde-onde, cucur, golang-galing, cakwe, risoles, lemper, atau Anda bisa juga menciptakan sendiri kue basah terbaru.

Namun hanya di waktu tertentu para konsumen mencari kue basah,  jam 5 pagi sudah menyerbu dan langsung habis. Biasanya kue basah sering dijadikan hidangan tamu atau acara-acara arisan, PKK, hajatan, jadi tiap harinya permintaan semakin meningkat. Jika Anda belum ahli membuat kue basah, bisa menjadi agen terlebih dahulu, mendatangi pusat penjualannya lalu dijual kembali oleh Anda.

  • Roti Bakar

Bisnis usaha kuliner rumahan selanjutnya yakni roti bakar, untuk yang satu ini mungkin masih banyak yang berpikiran ribet, modal banyak, peminatnya sedikit. Mulai saat ini buang jauh-jauh pemikiran sempit tersebut, tidak ada proses yang menghianati hasil. Membuka bisnis roti bakar dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja, tidak harus orang yang berpendidikan tinggi, harta banyak, tapi semua dapat melakukannya.

Untuk bahan baku dalam usaha roti bakar bisa Anda beli di swalayan, ataupun pasar, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat terjangkau. Sedangkan toping Anda bisa berinovasi sendiri, misalnya selai kacang ditambah irisan kismis, keju ditambah pandan, dan sebagainya.

  • Martabak mini

Pada umumnya martabak dibuat dengan ukuran besar, namun saat ini tersedia juga martabak mini. Anda tidak perlu cemas karena takut tidak habis lalu dibuang atau khawatir badan menjadi gemuk. Bagi yang sedang melakukan program diet, jenis kuliner makanan ini menjadi andalannya. Ukuran yang mini, toping melimpah, membuat perut lebih kenyang. Tidak disangka dengan ukuran mini membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba dan mencicipinya.

Berawal dari ketertarikannya, jadi penasaran untuk mencoba berjualan martabak mini. Kini sudah banyak yang menjualnya di pinggir jalan, keliling, maupun di rumahan.

  • Frozen Food

Salah satu makanan yang sangat digemari anak-anak yaitu frozen food seperti nugget, sosis, tempura, siomay, otak-otak dan sebagainya. Jenis makanan yang terbuat dari olahan ikan laut, dan dicampur dengan rempah-rempah pilihan.

Sering kali dijadikan bekal anak-anak sekolah, pelengkap nasi goreng

Tips Agar Usaha Berjalan Sukses

Setelah dijelaskan beberapa jenis usaha sukses kuliner rumahan yang dapat Anda lakukan, tentu saja tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran usahanya. Semua tidak dapat berjalan dengan baik apabila Anda tidak penuh keyakinan, dan tekad yang kuat. Di tengah perjalanan usaha Anda pasti akan ada yang namanya kegagalan, dalam tahap ini kebanyakan orang langsung menyerah dan merasa orang yang paling tidak beruntung sedunia.

Selain itu menjaga kualitas makan, menjalin hubungan baik dengan konsumen, berinovasi di setiap barang jualannya, membaca setiap perkembangan pasar sangat perlu di lakukan. Meskipun terlihat usaha kecil-kecilan, namun jika di niatkan akan mendapatkan keuntungan yang tak terduga. Paling terpenting menurunkan gaya hidup dan ego.