Franchise Jajanan Murah Dengan Modal Kecil

Spread the love

Franchise atau waralaba untuk jajanan yang kekinian seperti sekarang ini telah banyak dilirik oleh para pengusaha sebagai peluang usaha. Selain karena modalnya yang cukup terjangkau, pemasukan yang akan didapatkannya pun cukup menjanjikan. Selain franchise makanan berat misalnya seperti fried chicken dan juga makanan seperti warteg. Franchise seperti makanan ringan dan jajanan kekinian ini juga memiliki pasar yang cukup besar.

Mencari Nafkah Dengan Berbisnis Franchise

Walaupun hanya menjual jajanan saja, namun omset yang akan didapatkannya dapat mencapai angka berjuta-juta rupiah. Berbisnis menjadi langkah yang dapat Anda ambil untuk mencari nafkah. Berbagai jenis usaha seperti misalnya makanan yang bisa menjadi bisnis yang saat ini paling diincar. Hal ini dikarenakan tingginya dari kebutuhan masyarakatnya untuk komoditas tersebut.

Bagi pengusaha atau pebisnis pemula, konsep dari franshise atau waralaba ini banyak disukai. Karena orang yang hanya memiliki modal yang kecil dapat memulai bisnis waralaba atau franchise ini. Bisnis franchise makanan ini dapat dipercaya merupakan bisnis yang tidak terkena imbas dari krisis. Hal ini karena semua orang tentunya membutuhkan makanan, maka otomatis makanan ini pasti akan dicari orang. Dan perlu dikemas bisnis tersebut supaya layak dijual. Yang terpenting adalah rasa dari makanan tersebut.

Tips Dalam Memulai Waralaba Makanan Dengan Modal Yang Kecil

Hal yang perlu di perhatikan ketika berbisnis franchise atau waralaba makanan dengan modal yang kecil ini adalah ciri khas dari sajian menu yang dijual tersebut. Dalam setiap bisnis kuliner ini menawarkan produk yang tentunya berbeda sehingga diperlukan sebuah akun media sosial dan website khusus sebagai media untuk penyampaian menu. Customer baru tentunya menginginkan informasi tentang menu makanan yang dijual tersebut termasuk harganya. Berikut ini tips untuk memulai franchise dengan modal yang kecil.

  1. Memilih Brand Yang Tepat

Tips pertama yaitu memilih brand franchise makanan yang paling tepat. Apabila Anda tidak terlalu ahli untuk memasak. Maka pilihlah jenis franchise yang mudah untuk di jalankan oleh karyawan atau tenaga pemasak yang Anda rekrut. Selain itu Anda juga harus melirik franchise yang memiliki banyak peminat dan juga memiliki banyak outlet yang biasanya sudah dikenal. Seperti misalnya franchise dengan makanan ringan camilan kekinian yang tentunya banyak sekali di gemari oleh anak-anak muda jaman sekarang.

  1. Mempelajari Brand Secara Baik

Tips waralaba makanan modal kecil yang kedua adalah pelajari brand dengan baik. Setelah memilih brand waralaba, pastikan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang diberikan dengan teliti. Jangan sampai karena kamu sudah cocok lalu langsung menandatangani kontrak. Lalu perhatikan dulu ukuran boothnya yang mereka berikan, kemudian kisaran harga jual produknya, banner dan juga bahan baku lalu kemasan waralaba dan royalti ataupun komisi yang ditetapkan. Dan yang tidak kalah penting adalah SOP yang berlaku.

  1. Memilih Lokasi Strategis

Tips franchise makanan dengan modal kecil berikutnya yaitu memilih lokasi berjualan yang strategis. Dalam menentukan lokasi untuk berjualan di tempat strategis ini maka harus mencari tempat yang cocok dengan jenis waralabanya. Misalnya saja Anda mengambil waralaba makanan ringan atau camilan maka Anda harus mengambil tempat atau lokasi di dekat tempat sekolah seperti sekolah atau universitas. Lebih baik di daerah perkantoran, karena jelas segmentasi pasarnya anak muda yaitu pelajar atau mahasiswa.

  1. Menghitung Pengeluaran Dengan Matang

Tips berbisnis waralaba makanan ringan dengan modal yang kecil adalah menghitung pengeluaran secara matang. Kemudian hitunglah biaya franchise yang sudah ditetapkan dari franshisor, kemudian listrik, sewa tempat sampai gaji pegawai jika akan menggunakan pegawai. Kemudian nantinya setelah bisnis franchise ini sudah berjalan maka Anda harus terap secara rutin untuk membuat perhitungan di setiap bulannya.

  1. Menyiapkan Modal

Apabila semua tips tersebut sudah Anda jalankan, maka tips franchise makanan dengan modal yang kecil adalah Anda harus menyiapkan modal. Dalam membuka gerai franchise makanan ini memang harus memiliki modal yang cukup banyak karena kebanyakan dari franchisor memberikan harga franchise sampai ratusan juta rupiah. Akan tetapi jika dana yang Anda miliki terbatas ternyata ada franchise makanan yang membutuhkan modal hanya 5 juta rupiah bahkan dibawah nya.